Selasa, 09 Mei 2017
Berlangganan

Bagaimana Maksud dan Pengertian Kearifan Lokal?


Teruntuk para pelajar akan ada pertanyaan soal “Apa sih kearifan lokal itu?”

Nah, di sini kami akan mendefinisikan soal bagaimana kearifan lokal itu diartikan. Kearifan Lokal terdiri dari dua kata yaitu kearifan (wisdom) dan lokal (local). Wisdom artinya kebijaksanaan dan local adalah artinya kebijaksanaan.

Maka secara umum pengertian dari kearifan Lokal adalah gagasan-gagasan, nilai-nilai atau pandangan dari suatu tempat yang memiliki sifat bijaksana dan bernilai baik yang diikuti dan dipercayai oleh masyarakat di suatu tempat tersebut dan sudah diikuti secara turun temurun.

Harfiah lain soal kearifan Lokal adalah pengetahuan eksplisit yang muncul dari periode yang panjang dan berevolusi bersama dengan masyarakat dan lingkungan di daerahnya berdasarkan apa yang sudah dialami. Jadi dapat dikatakan, kearifan lokal disetiap daerah berbeda-beda tergantung lingkungan dan kebutuhan hidup.

Untuk lebih mudah dalam kamu mengartikan kearifan lokal, inilah contoh-contoh dalam kehidupan sehari-sehari:

1. Bebie ( Muara Enim – Sumatera Selatan )
Merupakan tradisi menanam dan memanen padi secara bersama-sama dengan tujuan agar pemanenan padi cepat selesai, dan setelah panen selesai akan diadakan perayaan sebagai bentuk rasa syukur atas panen yang sukses.

2. Hutan Larangan Adat ( Desa Rumbio Kec. Kampar Prov. Riau )
Kearifan Lokal ini dibuat dengan tujuan untuk agar masyarakat sekitar bersama-sama melestarikan hutan disana, dimana ada peraturan untuk tidak boleh menebang pohon dihutan tersebut dan akan dikenakan denda seperti beras 100 kg atau berupa uang sebesat Rp 6.000.000,- jika melanggar.

3. Cingcowong ( Sunda / Jawa Barat )
Merupakan upacara untuk meminta hujan, tradisi Cingcowong ini dilakukan turun temurun oleh masyarakat Luragung guna untuk melestarikan budaya serta menunjukan bagaimana suatu permintaan kepada yang Maha Kuasa apabila tanpa adanya patuh terhadap perintahNya.

4. Awig-Awig ( Lombok Barat dan Bali )
Merupakan aturan adat yang menjadi pedoman untuk bertindak dan bersikap terutama dalam hal berinteraksi dan mengolah sumber daya alam dan lingkungan didaerah Lombok Barat dan Bali.

Oke, sekian bagaimana sekilas dari pengertian kearifan lokal. Semoga mejadi re